Temporomandibular Joint (TMJ) Disorder dan Faktor Penyebabnya

Temporomandibular Joint (TMJ) Disorder dan Faktor Penyebabnya - Hallo sahabat STIKES, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artkel yang berjudul Temporomandibular Joint (TMJ) Disorder dan Faktor Penyebabnya, saya telah menyediakan berbagai macam artikel terbaru lainnya. mudah mudahan artikel yang saya tulis ini bermanfaat buat anda semuanya.

Ditulis Oleh : STIKES
Judul : Temporomandibular Joint (TMJ) Disorder dan Faktor Penyebabnya

lihat juga


Temporomandibular Joint (TMJ) Disorder dan Faktor Penyebabnya

tmj disorder
Kelainan sendi rahang atau temporomandibular joint (TMJ) disorder merupakan suatu kelainan yang meliputi sistem stomatognati yang dapat menyebabkan gangguan fungsi rahang. Kondisi ini dapat berhubungan dengan masalah pada otot-otot pengunyahan, TMJ itu sendiri, maupun kombinasi keduanya.

Kondisi kelainan sendi rahang (TMJ disorder) biasanya ditandai oleh berbagai gejala seperti clicking, krepitasi, terbatasnya pembukaan mulut, rasa sakit pada otot-otot pengunyahan, rasa sakit di daerah rahang, deviasi pembukaan mulut, tinitus, rasa sakit di sekitar telinga, sampai sakit kepala.

Para ahli sendiri menyatakan bahwa seseorang dapat dikatakan mengalami kelainan sendi rahang (TMJ disorder) apabila dia mengalami paling sedikit 3 gejala dari gejala-gejala yang telah disebutkan di atas.

Penyebab dari kelainan sendi rahang (TMJ disorder) sangat kompleks dan multifaktorial. Beberapa ahli mengelompokkan penyebabnya dalam 3 kelompok: predisposing factor, initiating factor, dan perpetuating factor.

Prediposing factor merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko kelainan ini. Meliputi kondisi sitemik seperti rheumatoid, kelainan metabolisme, nutrisi, hormon, infeksi, ataupun oleh berbagai kelainan oklusi seperti kehilangan banyak gigi posterior, open bite anterior, overbite lebih dari 6-7mm, dan crossbite unilateral.

Initiating factor merupakan faktor yang memicu kelainan sendi temporomandibular yang dapat disebabkan karena trauma yang berlebihan dan parafunctional habit. Trauma berlebihan pada sendi rahang (TMJ) biasanya dialami oleh orang-orang yang memiliki kebiasaan bruxism dan clenching, yang bisa juga dipengaruhi oleh kondisi psikologis.

Perpetuating factor merupakan faktor etiologis yang mengarah kepada penundaan proses penyembuhan, sehingga menyebabkan kelainan sendi rahang (TMJ disorder) itu menjadi menetap. Faktor ini dapat berupa kebiasaan sehari-hari yang sifatnya parafungsional, misalnya kebiasaan memiringkan kepala saat menulis atau bekerja. Kondisi lingkungan kerja yang tidak nyaman dapat membuat seseorang untuk mengulangi terus kebiasaan parafungsionalnya.


Okeson JP: Management of Temporomandibular Disorder and Occlusion



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama


Demikianlah Artikel dari kami yang berjudul Temporomandibular Joint (TMJ) Disorder dan Faktor Penyebabnya,apakah anda menyukainya ? mudah-mudahan artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua.

Anda sedang membaca artikel Temporomandibular Joint (TMJ) Disorder dan Faktor Penyebabnya dan artikel ini url permalinknya adalah http://sekolah-tinggi-kesehatan.blogspot.com/2010/12/temporomandibular-joint-tmj-disorder.html Artikel yang anda cari Lainnya bokep, video bokep, streaming bokep, streaming , videos, porn, videos porn, kimcil, bugil, telanjang, abg, mesum, tetek, memek, toket, masturbasi, bmf, download, perkosa, kepergok, mesum, pemerkosaan, kepergok mesum, download video porn, download video bokep, bokep terbaru, streaming bokep terbaru, jilbab, semok, ngentot, indo, janda, asia, orgasme, meki, sex, video sex, spg, streaming mesum, ml, tante, streaming abg, cabe cabean, cantik, manis, bokep indo, bokep cinta, streaming mesum, hot bokep, bokep hot, abg bugil, anak smp, bocah smp, anak sma, bocah sma, indonesia, 3gp'
,Temporomandibular Joint (TMJ) Disorder dan Faktor Penyebabnya xxx .

0 Response to "Temporomandibular Joint (TMJ) Disorder dan Faktor Penyebabnya"

Post a Comment