Chlorhexidine dan Chlorine dioxide, Mana Yang Lebih Efektif?

Chlorhexidine dan Chlorine dioxide, Mana Yang Lebih Efektif? - Hallo sahabat STIKES, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artkel yang berjudul Chlorhexidine dan Chlorine dioxide, Mana Yang Lebih Efektif?, saya telah menyediakan berbagai macam artikel terbaru lainnya. mudah mudahan artikel yang saya tulis ini bermanfaat buat anda semuanya.

Ditulis Oleh : STIKES
Judul : Chlorhexidine dan Chlorine dioxide, Mana Yang Lebih Efektif?

lihat juga


Chlorhexidine dan Chlorine dioxide, Mana Yang Lebih Efektif?

mouthwash chlorhexidine chlorine dioxide
Saat ini, obat kumur yang cukup populer di kalangan dokter gigi adalah obat kumur chlorhexidine gluconate dan chlorine dioxide. Tentunya masing-masing obat kumur tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, manakah di antara keduanya yang lebih efektif dalam melawan plak menurut penelitian?

Chlorine dioxide merupakan obat kumur yang salah satu cara kerjanya di dalam mulut adalah dengan melakukan proses oksidasi dari ikatan sulfida di volatile sulfur compound, yaitu suatu molekul penyebab bau mulut. Sedangkan daya antibakterinya masih belum diketahui pasti, yaitu antara melalui mekanisme oksidasi dari asam amino cysteine atau melalui mekanisme penetrasi ke dalam membran sel bakteri yang diikuti oleh proses oksidasi yang mengganggu aktivitas enzim internal bakteri.

Obat kumur chlorine dioxide diklaim aman untuk penggunaan dalam jangka waktu yang panjang dengan efek samping yang lebih minimal dibandingkan gold standar dari obat kumur yaitu chlorhexidine. Walaupun, beberapa ahli masih belum memastikan keamanannya untuk penggunaan jangka panjang.

Dan menurut sebuah penelitian, chlorine dioxide juga dinyatakan tidak memiliki interfere dengan fibroblas yang berperan penting dalam proses penyembuhan jaringan.

Chlorine dioxide tidak memiliki efek samping seperti yang dimiliki chlorhexidine, diantaranya seperti timbulnya staining pada gigi pada penggunaan yang cukup lama, rasanya yang tidak enak bagi beberapa orang, serta sedikit gangguan pengecapan.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, apakah chlorine dioxide dapat mengalahkan chlorhexidine dalam hubungannya dengan tingkat akumulasi plak?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Paraskevas dan rekan-rekan dari Department of Periodontology, Academic Center for Dentistry Amsterdam, menemukan bahwa chlorhexidine secara signifikan lebih efektif dalam menghambat pertumbuhan plak dengan skor plak indeks 1,39 dibandingkan chlorine dioxide dengan plak indeks 1,96.

Selanjutnya adalah pilihan Anda untuk memberikan obat kumur bagi pasien. Tentunya sesuaikan dengan indikasi, kontraindikasi dan kebutuhan.


PubMed: Chlorine dioxide and chlorhexidine mouthrinses compared in a 3-day plaque accumulation model

Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama


Demikianlah Artikel dari kami yang berjudul Chlorhexidine dan Chlorine dioxide, Mana Yang Lebih Efektif?,apakah anda menyukainya ? mudah-mudahan artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua.

Anda sedang membaca artikel Chlorhexidine dan Chlorine dioxide, Mana Yang Lebih Efektif? dan artikel ini url permalinknya adalah http://sekolah-tinggi-kesehatan.blogspot.com/2011/02/chlorhexidine-dan-chlorine-dioxide-mana.html Artikel yang anda cari Lainnya bokep, video bokep, streaming bokep, streaming , videos, porn, videos porn, kimcil, bugil, telanjang, abg, mesum, tetek, memek, toket, masturbasi, bmf, download, perkosa, kepergok, mesum, pemerkosaan, kepergok mesum, download video porn, download video bokep, bokep terbaru, streaming bokep terbaru, jilbab, semok, ngentot, indo, janda, asia, orgasme, meki, sex, video sex, spg, streaming mesum, ml, tante, streaming abg, cabe cabean, cantik, manis, bokep indo, bokep cinta, streaming mesum, hot bokep, bokep hot, abg bugil, anak smp, bocah smp, anak sma, bocah sma, indonesia, 3gp'
,Chlorhexidine dan Chlorine dioxide, Mana Yang Lebih Efektif? xxx .

0 Response to "Chlorhexidine dan Chlorine dioxide, Mana Yang Lebih Efektif?"

Post a Comment